Oleh : Nurlaila
Teknologi digital memunkinkan paserta didik untuk mengakses berbagai sumber informasi dengan mudah. Dengan internet, mereka dapat menemukan meteri pembelajaran dari berbagai sumber, termasuk e-book, artikel dan lainnya, yang dapat meningkatkan pemahaman dan minat mereka terhadap suatu topik.
Teknologi tumbuh semakin signifikan di abad 21 dan memotivasi paserta didik untuk belajar dan berinovasi. Pemanfaatan teknologi digital lebih efektif terhadap pencarian informasi, secara terbukti sudah diadaptasi oleh kementerian dan kebudayaan republik Indonesia untuk mengembangankan kurikulum baru dan sistem online serta mengembangkan Pendidikan menuju Indonesia kreatif tahun 2045. Dengan adanya teknologi digital semua aktivitas dapat dipermudah, bagi siapa pun dapat mengakses berbagai macam informasi termasuk informasi tentang Pendidikan,
Dari mulai tahun 1980 – an sudah menjadi jelas bahwa siswa diabad ke 21- juga dikenal sebagai abad teknologi modern dan sangat canggih, oleh karena itu pada tahun 1980 merupakan titik awal yang penting dalam perkembangan teknologi di gital.
Pengguna teknologi digital seperti internet di Indonesia 2016 sebanyak 132,7 juta dari jumlah penduduk indonesia sebanyak 256,2 juta orang. Dari sejumlah itu 80 % diantaranya berusia 15-19 tahun. Data survei yang dilakukan oleh Asosiasi Peyelanggaraan Jaringan Internet (APJI) ini, juga mengungakapan bahwa rata-rata pengakses internet di Indonesia 67,2 juta orang atau 50,7% mengakses melalui perangkat komputer.
Salah satu manfaat utama teknologi digital adalah kemampuannya untuk menciptakan lingkungan belajar yang interaktif. Plaffrom pembelajaran modern menawarkan fitur-fitur seperti seperti kuis,video, yang membuat proses belajar menjadi lebih menarik, sehingga mereka lebih termotivasi untuk belajar.
Dan juga pemahaman dan keterampilan dalam teknologi digital sangat penting untuk masa depan karier. Kesadaran ini dapat memotivasi paserta didik untuk belajar kerena, mereka memahami bahwa keterampilan ini akan membantu mereka dalam mencapai tujuan profesional mereka, dan juga tidak diragukan lagi dengan ada nya teknologi digital dapat menjadi alat yang efektif dalam membangkitkan motivasi belajar
Personalisasi pembelajaran juga merupakan aspek kunci yang membuat teknologi digital sangat bermanfaat. Paserta didik dapat belajar sesuai dengan gaya belajar mereka sendiri yang dapat meningkatkan rasa percaya diri dan minat mereka terhadap pembelajaran. dengan demikian, mereka lebih termotivasi untuk mengejar pengetahuan dan keterampilan baru.
Disatu sisi, teknologi digital memudahkan paserta didik dalam mengakses informasi ke berbagai sumber, paserta didik dapat mengeksplorasi topik yang diminati, mendorong rasa ingin tahu dan motivasi untuk belajar lebih dalam. Dengan itu bahwa teknologi digital memiliki peren penting dalam membangkitkan motivasi belajar paserta didik dan menciptakan pengalaman belajar lebih menarik dan efektif.
Disisi lainnya, dengan adanya teknologi digital dapat menghambat efektifitasnya dalam mebangkitkan motivasi terhadap paserta didik adanya ketergantungan yang berlebihan pada teknologi dapat megurangi kemampuan paserta didik untuk belajar secara mandiri paserta didik terlalu bergantung pada alat digital, mereka munkin kehilangan keterampilan dasar dan kemampuan berfikir kritis. Dan banyaknya konten hiburan di internet dapat megalihkan perhatian paserta didik dari meteri pembelajaran, dan mengurangi fokus dan motivasi untuk belajar.
Dengan teknologi digital paserta didik bisa belajar kapan saja dan Dimana saja, fleksibilitas ini sangat penting dalam meningkatkan motivasi karena, paserta didik dapat menyesuaikan waktu belajar sesuai dengan kebutuhan dan kondisi mereka.
Oleh karena itu, Solusi yang bisa saya ambil pentingnya untuk meningkatakan infranstruktur dan akses internet, terutama didaerah terpencil, selain itu pelatihan guru sangat diperlukan agar dapat mengintegrasikan teknologi secara efektif dalam pembelajaran , dan mengajarkan paserta didik untuk belajar mandiri dan mengembangkan keterampilan dasar sehingga mereka tidak terlalu bergantung dengan teknologi digital.
KESIMPULAN
Teknologi digital memiliki peran penting dalam meningkatakan motivasi belajar paserta didik, dengan akses mudah ke berbagai sumber informasi seperti e-book dan artikel, paserta didik dapat meningkatkan pemahaman mereka. Teknologi tidak hanya memudahkan pencarian informasi tetapi juga mendorong inovasi dalam pendidikan sejalan dengan Upaya pemerintah Indonesia untuk mengembangkan kurikulum baru dan sistem pembelajaran.
Penulis adalah Mahasiswi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Syaifuddin Jambi
Discussion about this post