• DISCLAIMER
  • KODE ETIK
  • REDAKSI
  • TENTANG KAMI
  • IKLAN
  • KARIR
  • MEDIA PARTNER
Bitnews
  • Daerah
  • Nasional
  • Politik
  • Pemerintahan
  • Peristiwa
  • Hukrim
  • Diksosbud
  • Lifestyle
    • Automotive
    • Sport
    • Teknologi
  • Ekbis
  • Lainnya
    • Opini
    • Kabar TNI-Polri
    • Advertorial
No Result
View All Result
  • Daerah
  • Nasional
  • Politik
  • Pemerintahan
  • Peristiwa
  • Hukrim
  • Diksosbud
  • Lifestyle
    • Automotive
    • Sport
    • Teknologi
  • Ekbis
  • Lainnya
    • Opini
    • Kabar TNI-Polri
    • Advertorial
No Result
View All Result
Bitnews

Perkuat Layanan Publik, Jasa Raharja Terapkan Sentralisasi Pembayaran Keuangan

Bitnews.id by Bitnews.id
9 Oktober 2025
in Nasional
Perkuat Layanan Publik, Jasa Raharja Terapkan Sentralisasi Pembayaran Keuangan
Share on FacebookShare on Twitter

JAKARTA, BITNews.id – PT Jasa Raharja resmi mengimplementasikan Sentralisasi Pembayaran Transaksi Keuangan pada 1 Oktober 2025. Kebijakan ini menjadi langkah strategis dalam transformasi tata kelola keuangan perusahaan dengan tujuan meningkatkan efisiensi, transparansi, dan kualitas layanan publik.

Plt. Direktur Utama Jasa Raharja Dewi Aryani Suzana mengatakan, penerapan sistem sentralisasi bukan sekadar perubahan prosedur, melainkan bagian dari transformasi menyeluruh dalam proses bisnis perusahaan.

Baca Juga:

Jasa Raharja Raih Penghargaan “Most Innovative In-House Counsel Team 2025” di IHCA

OJK, Kemendagri dan Kemenko Perekonomian Gelar Rakornas TPAKD 2025

OJK Dorong Literasi Keuangan dan Kepercayaan Investor di Pasar Modal

OJK dan Kemenparekraf Dorong Akselerasi Ekonomi Kreatif lewat Inovasi Digital dan Desentralisasi

“Sentralisasi ini lebih dari perubahan sistem, karena merupakan bagian dari transformasi menyeluruh untuk menciptakan proses bisnis yang efisien, terintegrasi, dan berorientasi pada pelayanan publik yang unggul,” ujar Dewi dalam keterangan tertulisnya, Selasa (8/10/2025).

Kebijakan ini merupakan tindak lanjut dari proses panjang yang telah dimulai sejak Februari 2025, melalui tahap uji coba (pilot project) hingga Big Bang Implementation yang melibatkan seluruh kantor wilayah dan cabang Jasa Raharja di Indonesia.

Melalui sistem ini, seluruh transaksi keuangan baik santunan maupun non-santunan kini dipusatkan di Kantor Pusat Jasa Raharja. Kantor wilayah dan cabang akan berfokus pada pemeriksaan kelengkapan serta keabsahan dokumen, sementara proses persetujuan dan pembayaran dilakukan secara terpusat.

Penerapan sistem terpusat ini memungkinkan pemantauan transaksi secara real-time melalui dashboard digital dan analisis data. Dengan begitu, pengawasan, evaluasi, serta pengambilan keputusan dapat dilakukan dengan lebih cepat dan akurat.

“Dengan sistem yang tersentralisasi dan terdigitalisasi, seluruh proses keuangan dapat dilakukan lebih transparan dan efisien. Hal ini memperkuat kontrol internal serta memastikan penyaluran santunan dan layanan kepada masyarakat berlangsung tepat waktu,” kata Dewi.

Langkah tersebut juga memperkuat tata kelola perusahaan (Good Corporate Governance/GCG) melalui pengawasan berbasis risiko dan audit internal yang lebih ketat.

Sebagai bagian dari transformasi ini, Jasa Raharja melaksanakan program upskilling dan reskilling bagi pegawai di seluruh wilayah Indonesia agar mampu beradaptasi dengan sistem baru. Program pelatihan ini dilaksanakan melalui berbagai kegiatan, seperti townhall meeting, sosialisasi, dan bimbingan teknis (bimtek) yang melibatkan lebih dari 1.600 pegawai.

Direktur Keuangan Jasa Raharja Bayu Rafisukmawan menambahkan, penerapan sistem sentralisasi memberikan kontrol yang lebih kuat terhadap arus kas dan perencanaan keuangan perusahaan.

“Dengan basis data terintegrasi, kami dapat mengambil keputusan keuangan secara lebih cepat dan tepat, yang pada akhirnya berdampak langsung pada peningkatan kualitas layanan kepada masyarakat,” ujar Bayu.

Penerapan Sentralisasi Pembayaran Transaksi Keuangan merupakan bagian dari strategi besar Jasa Raharja dalam mewujudkan lembaga asuransi sosial yang adaptif, modern, dan berdaya saing tinggi.

Langkah ini menegaskan komitmen perusahaan dalam memperkuat pelayanan publik yang cepat, transparan, dan akuntabel, sekaligus memastikan pengelolaan dana masyarakat berjalan dengan tata kelola yang baik dan profesional. (*)

 

Next Post
Dinas Pendidikan Aceh Terima Studi Lapangan Peserta PKA Angkatan II LAN RI

Dinas Pendidikan Aceh Terima Studi Lapangan Peserta PKA Angkatan II LAN RI

Discussion about this post

No Result
View All Result

Berita Terhangat

  • Analisis Unsur dan Struktur dalam Pertunjukan Tari Kecak Bali

    Analisis Unsur dan Struktur dalam Pertunjukan Tari Kecak Bali

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Romi Hariyanto Menjadi Bupati Pertama di Indonesia yang Terima Ramsar’s Award

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kritik Musik pada Official Music Video Lyodra – Pesan Terakhir

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Eksekutor Geng Motor di Hadiahi Timah Panas, Pelaku Mengaku Delapan Kali Beraksi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • PT Sungai Bahar Fasifik Utama Dilaporkan Ke Polda Jambi Oleh LSM Temperak

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

PT. DIGITAL MEDIA INFORMATIF

JL.AR. Saleh RT.37 Kelurahan Paal Merah, Kecamatan Paal Merah Kota Jambi
Phone / Wa : 0811-749-7272
email: redaksibitnewsid@gmail.com

PEDOMAN MEDIA SIBER | REDAKSI | KODE ETIK | TENTANG KAMI | HAK JAWAB & KOREKSI BERITA | KARIR | SOP PERLINDUNGAN WARTAWAN | MEDIA PARTNER

Copyright© 2025 BITNews.id – Inspirasi Era Digital

Developed by – Otoy Media Group

No Result
View All Result
  • Daerah
  • Nasional
  • Politik
  • Pemerintahan
  • Peristiwa
  • Hukrim
  • Diksosbud
  • Lifestyle
    • Automotive
    • Sport
    • Teknologi
  • Ekbis
  • Lainnya
    • Opini
    • Kabar TNI-Polri
    • Advertorial

© 2025BITNews.id -Developed by: Websiteku.